Senin, 25 Juli 2011

Afrika Selatan

Afrika selatan merupakan negara maju dan GDB Afrika Selatan merupakan 20% GDB seluruh Afrika.

GDP Afrika Selatan pada tahun 2004 tercatat sebesar Rata-rata pertumbuhan ekonomi Afrika Selatan sebesar 4 % dari GDP US$ 491.4 milyar dengan pertumbuhan rata-rata 4% pertahunnya. Penduduk Afrika Selatan berdasarkan sensus bulan Juli 2005 berjumlah 44.344.136 jiwa dengan pertumbuhan sekitar 0,25%, sementara itu GDP per kapitanya pada tahun 2004 diperkirakan sebesar US$ 11.000 dengan tingkat inflasi pada tahun 2005 sebesar 3,8%. GDP 289miliar dolar US tahun 2009, GDP 354 miliar dolar us tahun 2010

Walaupun demikian mayoritas penduduk Afrika Selatan berpendapatan sederhana. Seperempat populasi tak bekerja dan hidup di bawah 1,25 US dolar. Industri mempekerjakan 13,3 % populasi. Tambang Cuma mempekerjakan 2,3% dari total populasi. Sementara agrikultur 10% dari populasi. Biaya buruh di Afrika Selatan murah tetapi biaya transportasi, komunikasi, dan biaya hidup cukup tinggi.

Dalam kebijakan ekonominya, Afrika Selatan secara aktif melakukan kegiatan promosi investasi. Sebanyak R370 milyar akan dihabiskan dalam berbagai kegiatan pembangunan infrastruktur di bidang pembangkit listrik, pelabuhan, perkeretaapian, penerbangan, dan pengairan. Bursa sahamnya di Johannesburg begitu aktif hingga pernah berada di urutan ke-10 terbesar di dunia.

Afrika Selatan kaya akan sumber daya alam khususnya bahan tambang bernilai tinggi seperti emas, berlian, platinum. oleh karena itu, Afrika Selatan salah satu dari 5 negeri tambang yang terbesar di dunia. Selian itu, Afrika Selatan adalah negeri produsen dan pengekspor emas yang terbesar di dunia, jumlah ekspor emas mencapai sepertiga jumlah total ekspor.

Penyumbang GDP terbesar dinegara Afrika Selatan adalah industri jasa. Khususnya jasa pariwisata. Pariwisata menyumbangkan 4,6 persen atas GDP Afrika Selatan dan menyerap tenaga kerja sebanyak 550 orang. Setiap Sembilan wisatawan ynag datang ke Afrika Selatan menciptakan satu lapangan kerja langsung dan dua lapangan kerja tidak langsung. Tempat-tempat waisata yang terkenal adalah Tepi Laut Victoria & Alfred di Cape Town,

The Garden Route ( The Garden Route merupakan daerah pantai dan teluk yang mempesonakan yang hijau dan dipenuhi dengan bunga, tebing dan ombak yang menabrak karang yang berada tidak jauh di bawah Pegunungan Outeniqua ),

Durban Beachfront ( Durban adalah taman bermain Afrika Selatan. Disini terdapat pelabuhan terbesar di Afrika Selatan, kota terbesar ketiga). Di Afrika Selatan juga memiliki lebih kurang 17 taman nasional. Diantaranya adalah Taman Nasional lain di Afrika Selatan, Taman Nasional Gajah Addo, Taman Nasional Gunung Zebra, Taman Nasional Tsitsikamma, Dataran Tinggi Golden Gate, Taman Nasional Augrabies Falls, Taman Nasional Karoo, Taman Kgalagadi Transfrontier, Taman Nasional Namaqua, Taman Nasional West Coast.




1 komentar:

Litbang PPAB mengatakan...

Essay kamu sudah bagus, sudah menyertakan data-data pendukungnya

Poskan Komentar

About me

Foto Saya
NIM : 13410072 | Jurusan : Teknik Industri 2010 | "Hidup itu pilihan (50%:50%) maka buatlah 50% itu menjadi 100% ketika kamu menjalaninya"

Followers

Categories

Ym an Yuk...!

 

Nurhayati's Blog Design by Insight © 2009