• Review PPAB hari pertama

    Hari senin, 25 Juli 2011..

    Hari pertama mengikuti PPAB, sayangnya hari ini kita ngelakuin banyak kesalahan diantaranya datang telat, banyak yang spek nya tidak lengkap, dan tidak memenuhi kuorum. akhirnya kita di beri konsekuensi. pemberian konsekuensi ini memang mengajarkan kepada kita agar bisa bertanggung jawab.

    Acara inti dilaksanakan di ruang seminar teknik industri, disini kita melakukan simulasi untuk membuat tujuan kelompok selama menjalani kuliah di ITB, setelah dibagi perkelompok kita disuruh untuk mendiskusikan apa saja tujuan kelompok masing-masing kemudian hasilnya akan dipresentasikan dan ditulis di kertas. Simulasi ini mengajarkan tentang bagaimana cara membuat sebuah tujuan yang baik sebagaimana dikatakan oleh salah satu juri bahwa dalam membuat sebuah tujuan harus memperhatikan beberapa hal misalnya tujuan yang dibuat harus spesifik, tujuan itu harus acceptable, realistik artinya tujuan yang dibuat memang logis dicapai, tujuan juga harus callenge artinya sebuah tujuan itu harus menantang supaya kita mempunyai banyak semangat untuk dapat mencapainya, tujuan harus measurable artinya kita harus dapat menghitung seberapa besar kemungkinan tujuan itu bisa tercapai dan harus mempunyai parameter tersendiri mengenai kapan tujuan tersebut akan tercapai.

    dalam membuat tujuan yang paling penting adalah bagaimana kita membuat sebuah analisis, dari mulai kemampuan kita untuk mencapai tujuan tersebut, analisis keadaan apakah kita memang memungkinkan bisa mencapai tujuan tersebut, analisis objek yang berhubungan dengan tujuan, analisis lingkungan, dll.

    Selain mengetahui cara membuat tujuan, kita juga diajarkan mengenai bagaimana melakukan presentasi dengan baik dimulai dengan cara berpakaian, cara bersikap didepan, cara menyampaikan presentasi yang baik.

    Setelah melakukan simulasi ada acara mentoring sifatnya lebih nyantai. perkelompok akan mendapat satu mentor, nama mentor kelompok saya aryo. katanya ga usah manggil "ka" biar lebih akrab. Pas mentoring kita ditanya tentang harapan mengikuti ppab, menceritakan kelebihan dan kekurangan MTI dimata yang lain, dan Aryo ngejelasin tentang kehidupan di TI-MRI yang berkaitan dengan akademik.

    Setelah mentoring, acara terakhir yaitu mengecek tugas yang sudah diberikan dan memberikan tugas yang baru. kemudian ada 12 nama yang disebutkan oleh kaka pembina dan salah satu nama yang disebut itu nama saya. kata kaka nya 12 nama itu belum membuat tugas blog. saya memang agak terkejut karena saya merasa sudah membuat tugas ini. Tapi mungkin pada saat penyusunan database ada kesalahan jadi besok saya harus konfirmasi ulang ke Litbang.

    perdebatan memuncak saat pembacaan tugas baru. karena tugas-tugas yang diberikan menurut kami sulit dilakukan untuk diselesaikan besok, khususnya yang ikut prokm. Tapi akhirnya selesai dengan keputusan penundaan batas pengumpulan beberapa tugas.

3 komentar:

  1. Litbang PPAB mengatakan...
    Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
  2. Litbang PPAB mengatakan...
    Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
  3. Litbang PPAB mengatakan...

    Tujuan yang dibuat harus SMART-C.
    S : Specific
    M : Measurable
    A : Achievable
    R : Realistic
    T : Time based
    C : Challenging
    mohon diperhatikan lagi.

    blog kamu sudah ada pada data kami.
    tetap semangat PPAB ya! :)

Posting Komentar