• Review PPAB Hari Kedua

    Hari selasa,27 juli 2011. Kami dikumpulkan di lapangan radar. kemudian kumpul perkelompok mentoring. Pada saat mentoring, materi yang disampaikan adalah mengenai empati, komunikasi, dan team building. Empati itu intinya adalah perasaan yang lebih dari sekedar simpati yaitu bukan melwati perasaan saja tetapi disertai tindakan. Kemudian komunikasi yaitu interaksi antara dua orang atau lebih yang masing-masing memberikan respon berupa informasi. Team building adalah tentang kerja sama, intinya kita berusaha untuk bisa mengkoordinasi orang-orang yang berbeda sudut pandang menjadi satu tujuan. Kemudian setelah mentoring diadakan ajang kreatifitas membuat yel-yel dari tiap kelompok. Esensi dari itu adalah mengenai bagaimana bisa menyatukan ide dan kreatifitas . Setelah itu diadakan game simulasi yang esensinya mengenai kerjasama, kepekaan, dan saling memahami.

    Materi dilanjutkan di ruang seminar, dengan pembicara ka Adjie Wicaksana. Temanya mengenai tujuan hidup dan impian serta keadaan industri Indonesia. Memiliki tujuan berarti kita menyadari peran dan posisi saat ini sebagai pribadi dan bagian dari masyarakat. Tujuan adalah suatu gambaran umum dari apa yang kan kita lakukan kedepannya. Tujuan itu memerlukan sebuah visualisasi atau gambaran tindakan yang nyata dari apa yang akan kita lakukan agar bisa mencapai sebuah tujuan tersebut, visualisasi itu dinamakan dengan visi. Diantara tujuan dengan sebuah visi akan dihubungkan oleh sebuah cita-cita.

    Yang kedua mengenai kondisi indutri Indonesia. Indonesia memiliki potensi alam yang sangat besar misalnya di sektor pertambangan yaitu emas, timah, tembaga, nikel. Selain itu Indonesia juga kaya akan minyak, batu bara dan gas alam. Indonesia juga merupakan negara tropis yang memilki hutan yang luas. Tetapi pada kenyataannya , dengan kekayaan yang berlimpah tersebut banya masyarakat Indonesia yang miskin dan terlantar. Terhitung jumlah anak jalanan yang ada sebanyak 230.000 orang. Penduduk miskin hingga maret 2011 tercatat sebanyak 30,02 juta orang atau 12,49 % dari total penduduk. 36 % anak Indonesia kurang gizi dan tidak tumbuh dengan baik. Lebih dari 10.000 lokasi kumuh dan 433806 bangunan kumuh. Oleh karena itu, kita sebagai mahasiswa harus memiliki kepedulian terhadap bangsa dan tindakan nyata untuk memperbaikinya dengan posisi, potensi, dan peran yang dimilki oleh mahasiswa. Sebagai mahasiswa tentunya harus yahu alasan pentingnya kuliah selain untuk belajar yaitu sebagai center of excellent ( dalam bentuk kaderisasi), putempat untuk membentuk karakter, dan membentuk pola pikir.

0 komentar:

Posting Komentar